11/20/2011

Jawaban Exercise 6

Exercise 6-1           Hitam lebih baik memulai interior sweep dengan memainkan b1. Urutan permainan yang sempurna diperlihatkan pada diagram berikut, dengan Hitam menang 35-29. Komputer juga menyatakan Hitam dapat memenangkan permainan dengan skor yang sama dengan memainkan c1. Tetapi, saya lebih mendukung b1, karena membuat Putih hanya memiliki satu pilihan (a1), sedangkan bermain ke c1 membuat Putih dapat bermain ke a1 atau b1.


Exercise 6-2           Putih mempunyai banyak cara untuk menang, tetapi langkah terbaik Putih adalah b2, mengontrol diagonal. Hitam dipaksa untuk membalik disk di b2 pada giliran berikutnya, sehingga Putih memiliki akses ke sudut a1.

Exercise 6-3           Putih lebih baik memulai dengan h4. Hitam tak memiliki pilihan kecuali bermain ke h5, satu-satunya langkah aman. Putih kemudian dapat memainkan g2, mengontrol diagonal dan membuat Hitam kehabisan langkah. Ini merupakan contoh lain bagaimana cara mengeksploitasi sebuah pair, pada kasus ini dengan cara membuat akses untuk dapat mengontrol diagonal. Seluruh urutan permainan sempurna ditunjukkan pada diagram berikut, dengan Putih menang 42-22.


 Exercise 6-4           a7 adalah satu-satunya langkah menang untuk Putih, mematahkan diagonal dan mendapatkan akses ke h8. Meskipun Hitam dapat menyelamatkan 2 tepi dengan mengambil sudut a8, Putih dapat mengisi a7, dan Hitam pass. Putih kemudian dapat mengambil tepi atas dan kanan dengan urutan permainan diperlihatkan pada diagram. Perhatikan jika Putih memulai dengan b2 atau g2, Hitam dapat mengambil sudut di dekatnya, dan Putih tak dapat melakukan wedge (menyelip di antaranya).










Exercise 6-5           Hitam lebih baik memainkan a1. Ini adalah swindle, karena Putih tak mempunyai akses ke b1. Hitam kemudian dapat memainkan b1, membuat banyak stable disc.

Exercise 6-6           Hitam lebih baik memainkan h7. Putih dapat mengambil h8, mendapatkan banyak stable disc. Tetapi, hal ini membuat posisi seperti pada diagram 6-5! Contoh ini menunjukkan bahwa kadang pengorbanan besar dibutuhkan untuk menciptakan sebuah swindle.

No comments:

Post a Comment