10/18/2011

Mobility dan Evaporation Part 1

Seperti telah disebutkan pada bagian sebelumnya, tujuan dari permainan reversi/othello adalah mendapatkan disc sebanyak-banyaknya pada akhir permainan. Namun demikian, langkah untuk memperoleh disc sebanyak mungkin pada awal permainan adalah suatu kesalahan besar.

Mengapa?

Karena disc –disc pada awal permainan dapat dengan mudah direbut kembali selama disc tersebut bukanlah merupakan stable disc. Dalam hal ini, posisi sudut biasanya merupakan stable disc pertama yang harus diperoleh yang kemudian dapat di ekspansi untuk mendapatkan stable disc lain disekitar posisi sudut.
Namun demikian, hanya pemain yang benar-benar awam lah yang menyerahkan posisi sudut secara sukarela. Pemain intermediate tidak akan mungkin menyerahkan posisi sudut kepada lawannya.

Jadi bagaimana?

Melawan pemain intermediate, yang harus dilakukan adalah membuat lawan menyerahkan posisi sudut. Paksa lawan agar melangkah ke daerah berbahaya seperti kotak X dan kotak C sehingga kita dapat menyerang lawan untuk memperoleh posisi sudut.

Mobility!

Adalah pilihan langkah yang tersedia untuk dimainkan. Semakin banyak pilihan langkah berarti pemain mempunyai mobility yang baik, sedangkan semakin sedikit pilihan langkah berarti pemain mempunyai mobility yang buruk. setiap pemain yang baik selalu memikirkan cara untuk dapat mempertahankan mobility nya dan mengurangi atau membatasi mobility lawan sehingga memaksa lawan untuk mengambil langkah yang buruk.

Gambar 7.1

Gambar 7.1 dot berwarna merah menunjukkan pilihan langkah atau mobility yang dapat diambil oleh pemain hitam dan dot berwarna kuning menunjukkan pilihan langkah atau mobility yang dapat diambil oleh pemain putih.