7/02/2011

Jawaban Exercise 5

Exercise 5-1           h5 merupakan quiet move yang bagus bagi kedua pihak, dan kedua pemain ingin mengambil kotak ini secepat mungkin. Karena sekarang adalah giliran Hitam, Hitam lebih baik mengambil h5. Jika ia melangkah ke tempat lain, Putih akan mengambil h5.

Exercise 5-2           pada kasus ini, jika Hitam memainkan h5, ia akan membalik disk g6. Putih akan mengambil tepi dengan h2 dan mempunyai free move di h7. Langkah terbaik Hitam adalah a6, menghapus akses Putih ke h5.

Exercise 5-3           posisi ini diambil dr diagram 5-18, dengan Putih memainkan langkah berikutnya ke h5. Karena h4 dan h5 membentuk pasangan, Hitam akan memainkan pasangannya, di h5. Jika Hitam melangkah ke tempat lain, Putih akan memainkan h5 atau h7, mendapatkan tempo.

Exercise 5-4           Hitam kehabisan langkah aman, tetapi dapat tetap hidup dengan memanfaatkan wing Putih. Sebelum memutuskan wing mana yang dapat diserang, Hitam harus menganalisis sudut mana (a1 atau a8) yang lebih menguntungkan. Pada kasus ini, a1 lebih baik, karena Hitam akan dapat bereksplorasi di tepi kiri. Jadi, Hitam dapat memulai serangan dengan memainkan h2. Respon Putih terbaik adalah h1, setelah itu Hitam memainkan wedge ke g1, membuat akses ke a1.

Exercise 5-5           Putih dapat memainkan h6, membuat celah 2-kotak di h4/h5. Hitam terancam kehabisan langkah.

Exercise 5-6           langkah Hitam ke g6 memberi Putih kesempatan untuk memainkan h7!! Ini aman karena Hitam tidak mempunyai akses ke h4. Putih nanti akan mendapatkan tempo dengan memainkan h2 dan h4 (saya menyarankan anda memainkannya pada papan jika hal ini kurang jelas).

No comments:

Post a Comment