6/30/2011

Chapter 4 - Perkenalan Opening

Perkenalan opening

Chapter ini akan sedikit memperkenalkan anda kepada dunia opening yang indah. Saya akan menjelaskan perbedaan antara opening, yang akan kita diskusikan pada chapter ini, dan opening book, yaitu langkah-langkah yang telah dipersiapkan dan diingat sebelum permainan dimulai (lihat Chapter 11). Tidak ada definisi standar di mana opening berakhir dan midgame dimulai. Opening sering didefinisikan sebagai 10, 15, atau 20 langkah pertama. Bagaimanapun, saya pribadi mendefinisikan opening selesai jika kotak di bagian tepi telah dimainkan.

Munculnya program komputer yang kuat pada tahun 1990an berefek dramatis pada teori opening. Bagi para expert, bermain tidak hanya bermain, tetapi juga berlatih untuk meneliti dan mengingat opening book. Bahkan pada beberapa kasus pemain memainkan seluruh permainan menggunakan langkah yang telah diingat sebelumnya!

Bagaimanapun, bagi pemula, seluruh teori opening berujung pada kesimpulan yang salah, yaitu tidak perlu mengingat opening. Hasilnya, bertentangan dengan kepercayaan pada 10 atau 20 tahun yang lalu, terdapat banyak sekali cara melakukan opening, yang semuanya berujung pada posisi seimbang. Para pemula berpikir tidak ada gunanya mengingat opening. Akan sangat berguna dan menyenangkan jika terus berlatih dengan bermain.

Satu lagi hasil analisis komputer terbukti bernilai di sini. Pada saat penulisan buku ini, tampaknya permainan yang sempurna dari kedua pemain adalah permainan yang berakhir seri. Jadi, anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai warna apa yang anda mainkan; kedua warna dengan masing-masing kelebihan. Saya merekomendasikan anda sering memainkan kedua warna. Mempunya warna ‘favorit’ adalah suatu kebiasaan buruk.

Mari kita mulai mendiskusikan opening dari langkah pertama. Hitam mempunyai 4 pilihan langkah, tetapi secara teori keempat langkah tersebut berefek sama, karena papan Othello adalah simetris. Secara praktis, ternyata langkah pertama membawa efek berbeda. Kebanyakan para expert memainkan langkah pertama di tempat yang sama, dan saya akan menyarankan anda juga melakukannya, karena posisi yang telah anda lihat sebelumnya akan lebih mudah dimengerti. Secara pribadi, saya selalu memainkan f5 pada langkah pertama, dan kebanyakan diagram pada buku ini berawal demikian.

Pada langkah kedua, Putih mempunyai tiga pilihan, berupa langkah tegak lurus, diagonal, dan sejajar terhadap langkah pertama. Hal ini digambarkan pada diagram 4-1, 4-2, dan 4-3. Jika langkah tegak lurus dan diagonal banyak dilihat pada permainan expert, langkah sejajar terlihat inferior di antara keduanya. Satu waktu yang saya ingat di mana saya menggunakan langkah sejajar adalah pada permainan melawan Jonathan Cerf, Juara Dunia 1980. Saya langsung berada dalam masalah dan dengan putus asa mulai memakan banyak disk! Walaupun tidak akan merugikan untuk berlatih menggunakan langkah sejajar, pada permainan yang ingin anda menangkan, langkah tegak lurus dan langkah diagonal akan lebih baik.




Kita misalkan anda adalah Hitam dan lawan anda memainkan langkah tegak lurus. Pada langkah ketiga anda punya lima pilihan: c3, c4, c5, c6, dan c7. Bagaimana cara Hitam memilih langkah? Mungkin beberapa expert akan berbeda pendapat dengan saya dalam hal ini, saya yakin strategi pada awal permainan tidak jauh berbeda dengan strategi midgame. Chapter 3 menekankan keuntungan quiet move dan menghindari loud move, dan kita pun akan berusaha melakukan quiet move pada fase opening. Pada kasus ini, definisi quiet move yang saya ajukan pada chapter 3 tidak begitu berlaku, karena seluruh 5 langkah pilihan Hitam membalik 1 disk, dan baik disk baru dan disk yang membalik akan jadi frontier disc. Mungkin kita dapat merevisi definisi tersebut dan mengatakan langkah terbaik adalah c5, karena disk yang dibalik (d5) dikelilingi dari 5 arah, dan disk c5 sendiri akan berdekatan dengan 3 disk. Langkah terburuk adalah c7, melompat jauh dari disk lain. Sejak saya mulai bermain pada tahun 1980, c5 masih merupakan langkah yang paling banyak dipilih oleh Hitam. Akan tampak sangat alami jika kita memotong 3 disk di bagian tengah. Sedangkan c7, baik dulu dan sekarang, sangat jarang dipilih. Bagi langkah diagonal dan sejajar, langkah bagus adalah bermain di tengah menggunakan quiet move, contohnya e6 pada diagram 4-2 dan e3 pada diagram 4-3.

Selain quiet move atau loud move, kriteria apa yang dapat digunakan untuk memilih langkah? Mungkin perbedaan terbesar antara opening dan bagian lain dalam Othello adalah semakin sedikit disk pada papan, tak ada tepi yang dimiliki, sangat penting untuk mempertahankan disk agar tetap berada di tengah-tengah. Jika seorang pemain dapat mengelompokan disknya di tengah-tengah, pemain tersebut dikatakan control the center (mengontrol tengah), dan seringnya opening yang dimainkan expert adalah perang merebut bagian tengah. Pada opening, kadang kita perlu melakukan loud move untuk menangkap disk tengah dan agar dapat memainkan quiet move pada langkah-langkah selanjutnya.

Contohnya, diagram 4-4 menunjukkan satu contoh dari opening yang sering dimainkan para expert, menghasilkan posisi pada diagram 4-5. Di sini mungkin pilihan quiet move ke d1 adalah langkah bagus, tetapi tidak merubah apapun terhadap kekuasaan Hitam di tengah-tengah. Nyatanya, Putih sering melangkah ke tengah, seperti pada diagram 4-6, demi merebut tengah-tengah.

                                                                           giliran Putih

Bandingkan diagram 4-7 dan 4-8. Posisi tersebut identik kecuali warna disk f5. Pikirkanlah sesaat mengenai posisi mana yang lebih menguntungkan untuk Hitam.

                        giliran Hitam                             giliran Hitam                                 giliran Putih


Berdasarkan hal-hal yang sudah kita diskusikan, sampai saat ini posisi di diagram 4-8 adalah yang paling menguntungkan untuk Hitam. Pada posisi ini, Putih mempunyai ekstra frontier disc, dan frontier disc biasanya buruk. Bagaimanapun, pada diagram 4-7, disk f5 sangat berharga bagi Hitam, karena dapat membantunya melangkah ke f3, membuat posisi Hitam semakin berkumpul (lihat diagram 4-9), dan memaksa Putih untuk bermain ke luar pada giliran berikutnya. Hitam akan sangat diuntungkan.



Pada diagram 4-8, Putih mempunyai banyak sekali frontier disc, tetapi Hitam berada dalam posisi yang sedikit canggung. Banyak quiet move yang dapat ditempuh, tapi tidak ada yang benar-benar mengambil alih bagian tengah. Langkah yang sederhana bagi Hitam adalah dengan bermain di tengah seperti diperlihatkan pada diagram 4-10, tetapi hal ini akan memberikan potensi quiet move ke d3, f3, dan f7untuk Putih. Walaupun Putih mempunyai banyak frontier disc, posisi pada diagram 4-8 adalah seimbang.

Diagram 4-11, 4-12, dan 4-13 menunjukkan beberapa kesalahan yang sering dilakukan. Pada diagram 4-11, Putih melompat jauh dari area tengah. Diagram 4-12 menunjukkan contoh buruk yang lain untuk Putih. Langkah ini malah akan memberikan jalan yang sangat bagus ke e6 untuk Hitam. Pada diagram 4-13, Putih melangkah keluar ke f6. Lebih baik Putih melangkah ke f4, yang terlihat sama, tetapi lebih berada di tengah.

Opening memang terlihat sulit, tetapi jika anda bermain di tengah dan menjaga langkah ada dengan quiet move, anda akan mempunyai posisi yang tidak begitu sulit pada midgame. Permainan menjadi lebih sulit saat kita bermain di daerah tepi, yang akan kita bahas pada Chapter 5.



Exercise
Pada setiap diagram, tentukan langkah yang paling benar. Exercise ini akan sedikit lebih sulit dari exercise berikutnya. Jawaban dapat dilihat di sini.


                        giliran Hitam                               giliran Putih                               giliran Putih


                         giliran Putih                             giliran Hitam                               giliran Putih

No comments:

Post a Comment