9/27/2011

Stable disc

Kenapa sudut atau corner begitu penting? Karena disk yang terletak di sudut tidak akan bisa dibalik oleh lawan sampai dengan permainan berakhir. Disk yang tidak dapat dibalik inilah yang disebut dengan stable disk.

Apakah stable disk hanya sudut? Jawabannya adalah tidak. Setiap disk disekitar sudut juga akan menjadi stable disk jika tidak lagi bisa dibalikkan oleh lawan. Semakin banyak stable disk yang didapatkan, maka kemungkinan untuk memenangkan permainan akan semakin besar karena disk tersebut tidak akan bisa dibalikkan sampai dengan permainan berakhir. Setiap pemain akan selalu berusaha mendapatkan stable disk sebanyak-banyak nya dan melakukan ekspansi disekitar stable disk tersebut.

Berikut adalah contoh dari stable disk dan ekspansi nya.

Gambar 4.1
Apakah stable disk bisa didapatkan hanya disebelah sudut dengan warna yang sama? Jawabannya adalah tidak. Selama disk tersebut tidak dapat dibalikkan oleh lawan, maka disk tersebut adalah stable disk. Berikut adalah contoh stable disk yang diperoleh melalui strategi yang biasa dimainkan oleh para pemain yang telah berpengalaman.

Gambar 4.2
Gambar 4.2 : Pemain putih membuat stable disk yang terletak diantara disk pemain hitam.

Back to Introduction