12/20/2012

Mesin 2 Tak / 2 Stroke




PROLOG
Kenapa sih motor 2 tak menghilang dari pasar otomotif di Indonesia...? 

coba deh liat ke list motor baru di dealer. Sekarang tinggal Kawasaki yang memproduksi varian motor 2 tak. padahal sih katanya lho, motor 2 tak pun sekarang sudah lulus uji emisi euro 2. jadi kenapa? 

mungkin karena pasar di indonesia sudah kena isu bahwa 2 tak akan dilarang oleh regulasi dan lain-lain, sehingga nanti suku cadang nya akan sulit didapat, sehingga penjualannya turun drastis yang membuat para produsen berpikir dua kali untuk meneruskan produksinya 

2 TAK  

Tidak seperti mesin 4 tak yang bekerja dalam 4 langkah yaitu masuk bahan bakar, kompresi, peledakan atau power, dan pembuangan sisa pembakaran yang diatur oleh klep masuk dan klep pembuangan, mesin 2 tak bekerja hanya dengan dua langkah dan diatur oleh katup buluh atau reed valve yang tidak mempunyai prosedur mekanis apapun . Katup buluh hanya mengandalkan tekanan dari mesin untuk membuka dan menutup dan mengatur aliran bahan bakar menuju crankcase yang kemudian di alirkan ke ruang bakar melalui lubang transfer. Hal inilah yang membuat mesin 2 tak menjadi sangat simple namun sedikit kurang efisien jika dibandingkan dengan mesin 4 tak.

  mesin 4 tak (gambar diambil dari google).


KEUNTUNGAN 

POWER – Mesin 2 tak dengan kapasitas yang sama akan menghasilkan tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan mesin 4 tak karena hanya membutuhkan 2 langkah untuk setiap satu siklus intake/kompresi – power/exhaust dibandingkan dengan 4 tak. Mesin 2 tak juga tidak membutuhkan daya untuk memutar klep, camshaft, rante keteng, pompa oli dan perangkat lainnya.

BERAT – Mesin 2 tak lebih ringan dari mesin 4 tak yang memerlukan komponen-komponen pemutar klep sehingga rasio tenaga berbanding berat jauh lebih besar disbanding mesin 4 tak.

SIMPEL – Mesin 2 tak biasanya lebih mudah untuk perawatan, pembuatan dan modifikasi. Mesin 4 tak memerlukan penghitungan camshaft pengatur buka tutup klep sementara mesin 2 tak tidak. Lebih sedikit komponen yang perlu dimodifikasi dari pada mesin 4 tak.

BIAYA – Lebih sedikit komponen berarti lebih sedikit biaya produksi dan biaya perawatan.


mesin 2 tak (gambar diambil dari google).

KELEMAHAN 

KEAWETAN – Piston, ring piston dan dinding silinder 2 tak cenderung lebih cepat aus karena tidak mempunyai sistem pelumasan sendiri, pelumasan mesin 2 tak bercampur dengan bahan bakar.

EFISIENSI – Mesin 2 tak cenderung lebih boros karena ada sebagian bahan bakar yang belum terbakar ikut terbuang bersama sisa pembakaran.

EMISI – Mesin 2 tak cenderung menghasilkan lebih banyak gas beracun dibandingkan dengan mesin 4 tak karena adanya oli yang ikut terbakar dank arena kurang efisiennya mesin 2 tak.

POWERBAND – mesin 2 langkah menghasilkan tenaga puncak pada RPM yang lebih sempit dibandingkan dengan mesin 4 tak yang lebih merata pada setiap RPM.

Dan untungnya .. Kawasaki belum -dan semoga tidak- menghentikan produksi monster-monster 2 tak sehingga pecinta 2 tak masih bisa merasakan kuda besi bertenaga monster tersebut .

Yuuk gas poll  .