PROLOG
Kenapa sih
motor 2 tak menghilang dari pasar otomotif di Indonesia...?
coba deh
liat ke list motor baru di dealer. Sekarang tinggal Kawasaki yang memproduksi
varian motor 2 tak. padahal sih katanya lho, motor 2 tak pun sekarang sudah
lulus uji emisi euro 2. jadi kenapa?
mungkin karena pasar di indonesia sudah kena isu bahwa 2 tak akan dilarang oleh regulasi dan lain-lain, sehingga nanti suku cadang nya akan sulit didapat, sehingga penjualannya turun drastis yang membuat para produsen berpikir dua kali untuk meneruskan produksinya
mungkin karena pasar di indonesia sudah kena isu bahwa 2 tak akan dilarang oleh regulasi dan lain-lain, sehingga nanti suku cadang nya akan sulit didapat, sehingga penjualannya turun drastis yang membuat para produsen berpikir dua kali untuk meneruskan produksinya
2 TAK
mesin 4 tak (gambar diambil dari google).
POWER – Mesin 2 tak dengan kapasitas yang sama akan
menghasilkan tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan mesin 4 tak karena
hanya membutuhkan 2 langkah untuk setiap satu siklus intake/kompresi –
power/exhaust dibandingkan dengan 4 tak. Mesin 2 tak juga tidak membutuhkan
daya untuk memutar klep, camshaft, rante keteng, pompa oli dan perangkat
lainnya.
BERAT – Mesin 2 tak lebih ringan dari mesin 4 tak yang
memerlukan komponen-komponen pemutar klep sehingga rasio tenaga berbanding
berat jauh lebih besar disbanding mesin 4 tak.
SIMPEL – Mesin 2 tak biasanya lebih mudah untuk
perawatan, pembuatan dan modifikasi. Mesin 4 tak memerlukan penghitungan
camshaft pengatur buka tutup klep sementara mesin 2 tak tidak. Lebih sedikit
komponen yang perlu dimodifikasi dari pada mesin 4 tak.
BIAYA – Lebih sedikit komponen berarti lebih sedikit
biaya produksi dan biaya perawatan.
mesin 2 tak (gambar diambil dari google).
KELEMAHAN
mesin 2 tak (gambar diambil dari google).
KELEMAHAN
KEAWETAN – Piston, ring piston dan dinding silinder 2
tak cenderung lebih cepat aus karena tidak mempunyai sistem pelumasan sendiri,
pelumasan mesin 2 tak bercampur dengan bahan bakar.
EFISIENSI – Mesin 2 tak cenderung lebih boros karena
ada sebagian bahan bakar yang belum terbakar ikut terbuang bersama sisa
pembakaran.
EMISI – Mesin 2 tak cenderung menghasilkan lebih
banyak gas beracun dibandingkan dengan mesin 4 tak karena adanya oli yang ikut
terbakar dank arena kurang efisiennya mesin 2 tak.
POWERBAND – mesin 2 langkah menghasilkan tenaga puncak
pada RPM yang lebih sempit dibandingkan dengan mesin 4 tak yang lebih merata
pada setiap RPM.
Dan untungnya .. Kawasaki belum -dan semoga tidak- menghentikan produksi monster-monster 2 tak sehingga pecinta 2 tak masih bisa merasakan kuda besi bertenaga monster tersebut .
Yuuk gas poll .
Dan untungnya .. Kawasaki belum -dan semoga tidak- menghentikan produksi monster-monster 2 tak sehingga pecinta 2 tak masih bisa merasakan kuda besi bertenaga monster tersebut .
Yuuk gas poll .