2/12/2013

pendaftaran PPDS UI 2013

dimulai dari keinginan untuk melanjutkan sekolah, dan dengan berbagai pertimbangan, saya memutuskan untuk mendaftarkan diri menjadi peserta PPDS (program pendidikan dokter spesialis) di UI (universitas indonesia).

FYI, saya baru lulus dokter bulan Oktober 2011, bukan lulusan FKUI Jakarta (yang UNPAD mana suaranyaaaa \(^0^)/), dan belum PTT (berani-beraninya 節分節分 )

*menurut info dari angin dan burung (dan memang kenyataannya begitu), periode penerimaan PPDS dibuka setahun 2x. Jika sejawat ingin mulai belajar di satu bagian PPDS periode Juli tahun x, maka pendaftaran untuk periode Juli tahun x ditutup tanggal 21 Januari tahun x. Begitu juga sebaliknya. Misalnya sejawat ingin mulai belajar bulan Juli 2013, berkas pendaftaran harus sudah masuk ke CHS tanggal 21 Januari 2013. Begitu juga sebaliknya. Pendaftaran PPDS akan ditutup tanggal 21 Juli 2012 untuk periode belajar Januari 2013. 

Saya sendiri targetnya mulai belajar bulan Juli 2013. Karena pendaftaran ditutup tanggal 21 Januari 2013, saya mulai menyiapkan berkas ini-itu sejak September 2012, supaya santai gitu hehe. Yah, itu sih saya, karena sambil kerja ke sini ke situ, siap2nya agak lama, tapi toh enak jadi ga terburu2. Teman2? ada yang lebih lama, ada juga yang santai Januari baru mulai ke sana ke sini ngebut menyiapkan berkas, hehe hebat ^^

Langkah pertama yang saya lakukan adalah membeli formulir PPDS ke bapak di gedung CHS UI, tempatnya di gedung CHS UI lantai 2. Kalo dari arah RSCM dia ada di sebelah kiri pas banget mau masuk ke FKUI, kaca gedungnya warna ijo. masuk deh, naik ke lantai 2, bilang mau beli formulir ppds. Bapaknya baik-baik kok.

Harga formulirnya waktu itu Rp 55,000. dan pembelian ini bisa diwakilkan, bahkan bisa dibilang bebas, siapapun bisa beli, satu orang mau beli 10 formulir juga bapaknya santai2 aja. Paket formulir ini bisa dipakai kapan saja, misalnya sejawat beli paket formulir tahun 2009, tapi mau daftar tahun 2013 juga formulirnya masih sama にひひ
yah, kecuali ada terobosan baru untuk meng-update form ini hehe にひひにひひにひひ

Pas dibuka, paket formulir ini berisi lembaran-lembaran informasi mengenai kursus-kursus yang diadakan oleh pihak UI. Selanjutnya :
- informasi mengenai Persyaratan Calon Peserta PPDS/PPDGS pasca PTT, pra-PTT, dan PNS dengan induk asal depdiknas, dephan/polri, departemen lain/bumn, fk swasta/RS swasta, atau perorangan.
- lembaran informasi mengenai susunan lampiran berkas permohonan PPDS.
- Contoh surat permohonan PPDS Perorangan
- Biaya Pendidikan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia
- Syarat khusus setiap bagian/departemen (update 12 September 2012)
- daftar pusat pendidikan dokter spesialis menurut program studi (2011)
- formulir lamaran

klik di link-link di atas untuk melihat lebih detail.
saya mau kerja dulu sekarang (nyari uang buat biaya PPDS wkwwk), nanti malem dilanjut lagiii semangat hap hap ^^

9 comments:

  1. apakah ada update kapan jadwal ujian nya doc? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ujian periode Juli sekitar pertengahan April, utk periode Januari kemungkinan sekitar bulan Oktober. Semoga membantu.

      Delete
  2. dokter, hasil ujiannya kapan keluar dok?? jadi boleh ya dok tanpa PTT langsung lanjut spesialis???
    berarti kalo mau ikut juli 2013, pendaftaran tutup januari 2013 dan kalo ikut januari 2014 pendaftaran tutup juli 2013 ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. hasil ujian tertulis tidak akan diumumkan, tapi pengumuman kelulusan calon mahasiswa ppds mata prosesnya cukup cepat kok, sekitar 2-3 minggu setelah wawancara.
      2. boleh dek, sekarang tidak harus PTT dulu untuk lanjut spesialis.
      3. iya betul sekali.

      Delete
  3. Lalu dok.. untuk biaya PPDS di UI bagaimana tahun ini dok??? apa di UI ada kemungkinan spesialis dengan beasiswa atau dapat melanjutkan spesialis dengan keringanan biaya?
    Lalu, saat spesialis, apa SIP benar benar ditahan dok untuk dokter yang telah praktik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. untuk biaya PPDS di UI termasuk terjangkau kok (tidak sampai ratusan juta), sudah banyak website yang menuliskan angka tepatnya. maaf saya belum sempat upload biaya berhubung padatnya kegiatan :)
      2. mungkin istilah tepatnya bukan ditahan ya, tapi memang diminta 1 lembar untuk keperluan praktik di rumah sakit. masih sisa 2 kan? ;)

      Delete
  4. Dokter ,mau tanya jadwal ppds pendaftaran nya tahun 2014,kpn ya?

    ReplyDelete
  5. selamat siang, nama sy dr. Bhakti....saya sudah melakukan proses registrasi di siak ui dan saat hendak melakukon pemilihan studi ternyata tidak ada pilihan program dokter spesialis....mohon bantuannya

    ReplyDelete
  6. Periode juli 2014 sudan tutup dr.bhakti tgl 20 januari kmr... dan pendaftaran ppds ui belum bisa lewat simak ui harus langsung dateng ke chs

    ReplyDelete